Dosen UNIDHA Menjadi Pemateri dalam Bimtek Pelaku Ekraf Sumbar.

Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar adakan Bimbingan Teknis (BimTek) bagi Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan sub kegiatan fasilitasi pengembangan kompetensi sumber daya manusia ekraf yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu 26-28 Juni 2022 di Hotel Sakura Syari’ah Lubuk Basung.

Ibu Tiara Turay, BSBA, M.Si, PhD (Dosen S1 Manajemen) menjadi pemateri dengan topik Value Chain (Rantai Nilai) sebagai Strategy Value Added Ekonomi Kreatif Sumatera Barat”. Value Chain Analysis (VCA) adalah alat dioagnosa untuk mendukung proses perbaikan yang berkelanjutan di setiap level rantai nilai sebagai satu kesatuan. VCA dapat digunakan untuk memaparkan ketidakselarasan kegiatan operasional dan strategik dalam rantai nilai dan konsekuensi dari kesalahan alokasi sumber daya. VCA dilakukan dengan mengidentifikasi rantai yang berurutan mulai dari kegiatan utama dan pendukung yang dilakukan perusahaan dalam mentransformasikan faktor-faktor produksi sebagai input untuk produk dan layanannya. VCA memungkinkan evaluasi sistematis dari keseluruhan proses produksi dan distribusi/layanan dan dapat membantu mengidentifikasi ketidakefisienan yang diakibatkan oleh satu atau lebih disfungsionalitas dalam rantai nilai.

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1UnpY2aB5oV2GWQJDVDPHg8mVYfrafS3J?usp=sharing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top