Dosen UNIDHA Laksanakan Pelatihan Manajemen Keuangan & Produksi bagi UMKM Tanah Datar.

[Jum’at, 19 Agustus 2022] bertempat di Nagari Pasie Laweh Kec. Sungai Tarab, Kab. Tanah Datar, Prov. Sumbar, Tim PkM UNIDHA yang terdiri dari Ibu Malse Anggia, STP, MP (Dosen S1 Teknologi Industri Pertanian), Ibu Sari Octavera, ST, MM (Dosen S1 Manajemen), dan Bapak Meiki Eru Putra, ST, MT (Dosen S1 Teknik Mesin) serta Mahasiswa/i UNIDHA melaksanakan Pelatihan Manajemen Keuangan & Produksi Bagi Usaha Bubuk Kopi Asli Pusako Bundo di Nagari Pasie Laweh.

Kegiatan ini terlaksana karena Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UNIDHA yang diketuai oleh Ibu Anggi, sebagai salah satu Penerima Pendanaan Skema Kemitraan Masyarakat pada Program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Program Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022 Tahap Kedua Nomor 072/E5/PG.02.00/2022 tanggal 25 Mei 2022.

Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Pasie Laweh ini, diikuti oleh UMKM yang ada di Nagari tersebut. Tim PkM UNIDHA terbentuk dari kolaborasi tiga bidang yaitu:

1. Pengelolaan Keuangan (menyusun laporan keuangan dan perhitungan BEP produksi) oleh Ibu Sari,

2. Manajemen Produksi Produk, Perhitungan Komposisi Produk yang Tepat, Pendampingan Pengurusan Ijin PRT, Merek dan Kemasan Produk oleh Ibu Anggi,

3. Pembuatan dan Pemberian Mesin Pengolahan Kopi oleh Bapak Meiki (selama ini mitra menyewa mesin kopi milik orang lain dan belum memiliki mesin pembuatan kopi milik sendiri).

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1Ufb-JXCWNgkqBatkcAF2sIVSYw_II_pO?usp=sharing. [qq]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top