Dosen S1 Manajemen UNIDHA Digandeng untuk Menyusun Neraca Satelit Pariwisata Daerah Sumatera Barat

Bapak Heru Aulia Azman, PhD menjadi Tim Penyusunan NESPARDA Provinsi Sumbar

[Rabu, 21 Juli 2021], Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W) LPPM IPB bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar melaksanakan rapat online dengan topik “Persiapan Survei NESPARDA Provinsi Sumbar”.

Rapat online dengan media Zoom Meeting ini dihadiri oleh Tim Penyusun Neraca Satelit Pariwisata Daerah (NESPARDA) Provinsi Sumatera Barat, salah satunya dengan menggandeng Dosen Prodi S1 Manajemen UNIDHA yaitu Bapak Heru Aulia Azman, PhD.

Rapat online ini merupakan lanjutan dari Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan Juni 2021 lalu. Saat ini, Provinsi Sumbar akan menyusun NESPARDA yang dilakukan sekali dalam 10 tahun dimana penyusunannya diserahkan ke P4W LPPM IPB.

Nesparda adalah suatu sistem, konsep, dan metode tampilan informasi kuantitatif sektor pariwisata yang menyediakan perangkat analisis yang menyeluruh (comprehensive), kompak (compact), saling berkait (interconnected), konsisten (consistent) dan terkontrol (controllable).

Sistem ini terbilang ampuh dan handal dalam menjawab tantangan penyediaan informasi kuantitatif dan kualitatif yang dapat digunakan untuk mengkaji dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan kepariwisataan pada masa lalu serta sekaligus menjawab tantangan dan permasalahan pariwisata di masa datang.

Semoga penyusunan NESPARDA Provinsi Sumbar ini berjalan dengan lancar nantinya {kk}.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top