Sambutan Dekan

Selamat Datang Di website (web) FEB Universitas Dharma Andalas.

Assalamu’alaikum Wr,Wb.

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan KaruniaNya kepada kita semua. Walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19, kita masih diberi kesempatan untuk berkiprah menuntut ilmu dan berbagi ilmu satu sama lain. Shalawat dan salam kita kirimkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberi kita suri tauladan untuk menjadi seorang manusia yang Shidiq, Amanah, Tablig dan Fathonah. Semoga keteladan Beliau juga menjadi sifat yang dapat kita amalkan sehari-hari.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas (FEB UNIDHA) adalah satu-satunya Fakultas yang ada di UNIDHA. FEB UNIDHA adalah merupakan peralihan nama dan status dari STIE Dharma Andalas berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI No.254/E/O/2014. Fakultas ini memiliki empat Program Studi dan merupakan prodi tertua dari semua prodi yang ada di UNIDHA, yakni Program Studi S1 Manajemen, D3 Akuntansi, D3 Manajemen, dan S1 Akuntansi.

FEB UNIDHA mempunyai visi untuk “Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang unggul dan dipercaya dibidang manajemen dan akuntansi dengan kompetensi khusus di bidang keuangan syariah tahun 2025”. Sesuai dengan visi tersebut, maka FEB Unidha telah merencanakan kegiatan sedemikian rupa yang tertuang di dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam bidang Pendidikan, disusun kurikulum sedemikian rupa pada setiap Program Studi yang ada. Kurikulum yang disusun tersebut akan memungkinkan tercapainya salah satu tujuan FEB yakni untuk menghasilkan lulusan di bidang manajemen dan akuntansi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Sesuai dengan visi tersebut, diharapkan agar lulusan FEB Unidha juga memiliki karakter yang sesuai dengan Syariat Islam.

Merujuk kepada tuntutan saat ini, dengan adanya Revolusi Industri 4.0, maka kurikulum di FEB Unidha juga telah disesuaikan dengan tuntutan zaman saat ini. Dimana pada setiap kurikulum Program Studi yang ada, dirancang susunan mata kuliah yang diselaraskan dengan kebutuhan Revolusi Industri 4.0 tersebut. Pada setiap Prodi didesain kurikulumnya agar pada setiap semester dan pada setiap mata kuliah yang ditawarkan diselipkan pemahaman dan praktek teknologi informasi agar setiap alumni yang dihasilkan melek teknologi dan menjadi pribadi tangguh yang siap pakai di lapangan kerja.

Di samping itu, sesuai dengan wacana UNIDHA menuju Enterpreneur University pada tahun 2030, telah dirancang strategi sedemikian rupa untuk mewujudkannya, termasuk perbaikan sarana dan prasarana. Dalam hal memastikan terwujudnya wacana tersebut telah mulai dilakukan persiapan yang matang yang melibatkan peran serta Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Pendidikan Dharma Andalas (YPDA). Melalui Entrepreneur Unversity tersebut, diharapkan agar alumni Unidha nantinya, terutama alumni FEB UNIDHA dapat menjadi seorang pribadi yang tangguh yang tidak hanya mampu bersaing di dalam lapangan kerja, tapi juga mampu menjadi seorang wirausahawan yang mendirikan dan menyediakan lapangan kerja bagi orang lain.

Untuk mencapai itu semua, FEB UNIDHA selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dalam segala bidang. Kegiatan berkelanjutan difokuskan kepada peningkatan kualitas dosen dan infrastruktur yang ada, menerapkan kolaborasi dengan perguruan tinggi lain dan instansi pemerintah, meningkatkan sinergi dengan dunia industri, memperbaiki kurikulum, pedagogi dan metode penilaian pembelajaran.

Kami atas nama FEB sangat bersyukur sekali karena kita memiliki website FEB UNIDHA ini. Diharapkan dengan adanya fasilitas ini, dapat disampaikan informasi yang memadai dan secara terbuka disajikan kepada seluruh dosen, mahasiswa, alumni dan masyarakat umum serta instansi lain, terkait dengan informasi tentang Struktur Organisasi, Kurikulum, Kalender Akademik, serta kegiatan yang dilaksanakan oleh FEB UNIDHA.

Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih kepada pihak yang sudah bersedia melayari laman Web FEB UNIDHA ini. Semoga laman Web ini dapat memberikan informasi yang memadai sesuai dengan yang dibutuhkan. Semoga kita dapat menjalin kerjasama untuk memajukan FEB UNIDHA dan dapat menjadi mitra di dalam memajukan ekonomi kerakyatan di Indonesia, khususnya ekonomi kerakyatan di Sumatera Barat. Semoga Allah SWT selalu memberikan Rahmat dan KaruniaNya kepada kita semua. Dan semoga kita selalu dituntun untuk menempuh jalan yang benar. Aamin Ya Rabbal Alamiin. Saran dan kritik kami harapkan dari semua pihak untuk penyempurnaan website FEB UNIDHA ini lebih lanjut. Banyak maaf, dan terimakasih.

Padang, 7 Agustus 2020

Dekan FEB UNIDHA

Assoc. Prof. Dr. Asniati Bahari, SE, MBA, Ak, CA, CSRA.

Share this :

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Scroll to Top