UNPAD Ajak Mahasiswa PMM 2 Mengenal “Keunikan Daerah Asal” dan “Asa-Ku” melalui Modul Nusantara.

Sekitar Pertengahan September 2022, Thessa (sapaan akrab Thessa Resyaputri) dan Fitri (sapaan akrab Fitriani Nurhasanah), keduanya merupakan Mahasiswi Prodi S1 Manajemen FEB UNIDHA Angkatan 2020 yang mengikuti kegiatan Modul Nusantara yang diselenggarakan oleh Universitas Padjajaran (UNPAD).

Dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2, ada satu kegiatan wajib yang akan diambil oleh setiap peserta PMM yaitu Modul Nusantara (Modnus) dengan bobot 4 SKS. Modnus terdiri atas 4 kegiatan yaitu:

  1. Kebhinekaan
  2. Inspirasi
  3. Refleksi
  4. Kontribusi Sosial

Tujuan Dilaksanakannya Modul Nusantara yaitu:

  1. Untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebhinekaan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air yang meliputi empat jenis kegiatan; kebhinekaan melalui pertukaran kebudayaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.
  2. Mahasiswa Peserta PMM 2 diharapkan dapat mempelajari dan memahami budaya, adat istiadat, dan karakteristik sosial kemasyarakatan di PT Penerima.
  3. Nilai hasil pelaksanaan Modul Nusantara harus diunggah ke sistem aplikasi PDDikti sebagaimana hasil pembelajaran mahasiswa reguler di PT Penerima.

Kegiatan Modnus pertama yang diikuti Thessa dan Fitri yaitu Kebhinekaan. Thessa tergabung dalam Kelompok 6 Modul Nusantara dan Fitri tergabung dalam Kelompok 7 Modul Nusantara.

Kelompok 6 mengenal “keunikan daerah asal” masing-masing mahasiswa inbound UNPAD. Kegiatan yang dibina langsung oleh Bapak Ronny Lesmana, MD, M.Kes, AIFO, PhD dan dimentori oleh Leiser Officer Kakak Jessica Huang. Disini peserta menjelaskan apa saja yang tidak ada di daerah tujuan tapi ada di daerah asal. Misalnya, hukum qanut yang ada di Aceh, Coto Makasar yang ada di Makasar, Tari Perang yang ada di Papua, dan mengenal berbagai bahasa daerah yang ada di Indonesia. Dokumentasi Kelompok 6 selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1tlyDZyq_Bk1o7gakHtDyOMSFuvKbcKdA?usp=sharing.

Sedangkan Kelompok 7 dibina langsung oleh Ibu Vira Kusuma Dewi ,SP.,M.Sc.,Ph.D dengan tema kebhinekaan “Aku, Kampus-Ku, dan Asa-Ku. Dokumentasi Kelompok 7 selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini https://drive.google.com/drive/folders/1Kh1QaLfjwXMn4mP33r-8fCEnsr6yWnhn?usp=sharing.

Kebhinekaan merupakan kegiatan yang diikuti mahasiswa dalam eksplorasi keragaman yang diadakan PT Penerima. Dapat dilakukan melalui kegiatan mengunjungi berbagai obyek wisata lokal, situs bersejarah, tempat-tempat ibadah, lembaga adat dan lembaga sosial kemasyarakatan, serta tempat-tempat lainnya.

Kegiatan ini juga diikuti dengan diskusi-diskusi langsung di lokasi kunjungan misalnya dengan pemuka agama setempat dan pemandu sejarah lokal. Kegiatan kunjungan ini juga bisa dikombinasikan dengan bentuk kegiatan lainnya yang mungkin dilakukan misalnya keterlibatan Mahasiswa Peserta PMM 2 di dalam unit-unit kemahasiswaan yang mempromosikan kebudayaan lokal, misalnya seni tari, makanan daerah, dan sebagainya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman Mahasiswa Peserta PMM 2 tentang kebhinekaan dalam bingkai kesatuan NKRI. [qq]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top