Penyambutan Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Periode 2020/2021 Secara Virtual

Detail

Kata Sambutan
Dekan FEB

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan KaruniaNya kepada kita semua. Walaupun di tengah kondisi pandemik Covid-19, kita masih diberi kesempatan untuk berkiprah menuntut ilmu dan berbagi ilmu satu sama lain.

Shalawat dan salam kita kirimkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberi kita suri tauladan untuk menjadi seorang manusia yang Shidiq, Amanah, Tablig dan Fathonah. Semoga keteladan Beliau juga menjadi sifat yang dapat kita amalkan sehari-hari.

Yang kita hormati Sekretaris FEB, Ibu Ingra Sofita, SE, MM, Ak, Ketua BApem FEB, Ibu Riani Sukma Wijaya SE, MSI, Ak, Ibu2 KaProdi dan Sekretaris Prodi di lingkungan FEB, Bapak dan Ibu Direktur Lembaga yang ada di FEB, Bapak dan Ibu Dosen FEB Unidha, Yang sangat istimewa sekali ananda mahasiswa/I Baru UNIDHA… Tepuk Tangan untuk kita semua……

Selamat Datang kami ucapkan kepada Mahasiswa dan Mahasiswi baru Fakultas Ekonomi Universitas Dharma Andalas (UNIDHA) periode 2020/2021. Ananda   adalah putra dan putri terbaik bangsa yang memperoleh peluang untuk dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi setelah menamatkan pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan juga Madrasah Aliyah. Semoga dengan bergabungnya ananda  di FEB UNIDHA, dapat membuat mimpi ananda  menjadi realita. Ada yang bercita-cita menjadi pengusaha, karyawan pada instansi pemerintah maupun swasta, membuka usaha sendiri, mudah-mudahan terwujud hendaknya. Aamin Ya Rabbal Alamin.

Berhasilnya ananda  sampai pada tahap ini tidak terlepas dari peran orang tua dan guru pada masa sekolah dulu, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan maupun Madrasah Aliyah. Orang tua, telah mendidik ananda  sampai dewasa sekarang ini, wajib dihargai karena dengan jerih payah beliau, ananda  bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti saat ini. Demikian juga guru yang telah mengajarkan banyak hal pada ananda  sehingga layak untuk masuk Perguruan Tinggi. Dengan demikian, untuk mewujudkan impian orang tua dan harapan dari para guru, ananda  hendaklah menempuh pendidikan dengan serius dan belajar dengan semangat tinggi agar semua impian dapat tercapai dengan baik.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIDHA mempunyai visi untuk Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang unggul dan dipercaya dibidang manajemen dan akuntansi dengan kompetensi khusus di bidang keuangan syariah tahun 2025”. Sesuai dengan visi tersebut, maka FEB Unidha telah menyusun kurikulum sedemikian rupa pada setiap Program Studi yang ada. Kurikulum yang disusun tersebut akan memungkinkan tercapainya salah satu tujuan FEB yakni untuk menghasilkan lulusan di bidang manajemen dan akuntansi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Di samping itu, sesuai dengan visi  tersebut, diharapkan agar lulusan FEB Unidha juga memiliki karakter yang sesuai dengan Syariat Islam.

Sesuai dengan tuntutan saat ini dimana dengan Revolusi Industri 4.0, maka kurikulum di FEB Unidha juga telah disesuaikan dengan tuntutan zaman saat ini. Dimana pada setiap kurikulum Program Studi yang ada, yakni Prodi S1 Mnajemen, SI Akuntansi, D3 Majemen Perusahan dan D3 Akuntansi, dirancang susunan mata kuliah yang diselaraskan dengan kebutuhan Revolusi Industri 4.0 tersebut. Pada setiap Prodi didesain kurikulumnya agar pada setiap semester dan pada setiap mata kuliah yang ditawarkan diselipkan pemahaman dan praktek teknologi informasi agar setiap alumni yang dihasilkan melek teknologi dan menjadi pribadi tangguh yang siap pakai di lapangan kerja. Untuk lebih jelasnya, Kurikulum untuk masing- masing Prodi dapat di lihat pada Buku Panduan Akademik di Web FEB Unidha. Selain itu, pada Web FEB Unidha, juga ada panduan menulis skripsi bagi prodi S1 dan Pandual menulis tugas Akhir bagi mhs D3.

Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEB, dalam rangka meningkatkan daya saing alumni, mahasiswa disediakan wadah berupa lembaga profesi untuk digunakan sebagai tempat belajar dan sekaligus tempat magang. Ada lima lembaga yang saat ini kita miliki di FEB Unidha, yakni:

  1. Dharma Andalas Laboratory Bank (DAL Bank),
  2. Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI),
  3. Pusat Pengembangan dan Akuntansi (PPA),
  4. Lembaga manajemen (LM) dan
  5. Pusat Perpajakan (Tax Center).
  6. FEB English Club

Setiap mahasiswa diwajibkan untuk memiliki minimal satu kemahiran sebelum menamatkan perkuliahan di FEB UNIDHA. Mahasiswa dapat memilih salah satu kemahiran yang disertifikasi oleh lembaga yang dinamakan sebagai sebagai sertifikat pendamping ijazah. Kalau tidak punya sertifikat tersebut, belum boleh ikut ujian Akhir, atau ujian komprehensif. Sertifikat ini membuktikan bahwa setiap alumni FEB adalah lulusan yang siap pakai dan terampil pada bidangnya masing-masing. Di samping itu, setiap semester, mahasiswa yang memperoleh Indeks Prestasi di atas 3.75, diberikan sertifikat yang dinamakan sertifikat Anugerah Dekan. Mahasiswa di FEB Unidha juga dituntut untuk memiliki wawasan global. Setiap tahun, FEB Unidha selalu mengirim mahasiwa untuk mengikuti Program Credit Earnings ke luar negeri. Sejak tahun 2017 kita selalu mengirim mahasiswa ke Malaysia untuk mengikuti perkuliahann dan pengabdian masyarakat di sana selama 2 minggu. Tahun 2020 ini kita sudah buat rencana untuk mengirim mahasiswa, selain ke Malaysia, juga ke Jepang, Thailand dan Australia. Namun karena terkendala pandemic, belum bias diberangkatkan. Nah, bagi yang berminat untuk ikut program ini, tentu harus mahir berbahasa inggris kan… silakan nanti bergabung dengan FEB English Club…

Di samping itu, sesuai dengan wacana UNIDHA menuju Enterpreneur University pada tahun 2030, telah dirancang strategi sedemikian rupa untuk mewujudkannya, termasuk perbaikan sarana dan prasarana. Dalam hal memastikan terwujudnya wacana tersebut telah mulai dilakukan persiapan yang matang yang melibatkan peran serta Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Pendidikan Dharma Andalas (YPDA). Melalui entrepreneur Unversity tersebut, diharapkan agar alumni Unidha nantinya, terutama alumni FEB UNIDHA dapat menjadi seorang pribadi yang tangguh yang tidak hanya mampu bersaing di dalam lapangan kerja, tapi juga mampu menjadi seorang wirausahawan yang mendirikan dan menyediakan lapangan kerja bagi orang lain. Untuk itu, maka untuk beberapa tahun belakangan, kita mendukung program pemerintah untuk mengirim mahasiswa magang pada industry dan UMKM yang ada. Hal ini dilakukan untuk mengasah kesiapan alumni menjadi wirausaha setelah lulus dari FEB Unidha yang mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya. Kita sudah buktikan, banyak alumni yang berwira usaha setelah tamat di Unidha, bahkan masih berstatus mahasiswa, ada yang sdh bisa buka usaha.

Sebagai seorang pendatang baru di kampus FEB UNIDHA, ananda   diharapkan dapat memahami dan mengamalkan peraturan yang berlaku. Di samping itu juga diharapkan dapat menjaga hubungan yang baik dengan dosen, tenaga pendidik, senior ananda  dan teman seangkatan lainnya di kampus. Ananda   juga hendaklah memahami bahwa adanya kebebasan akademik bukan berarti bebas menurut pemikiran maisng-masing, namun ada aturan yang harus diikuti yakni kode etik kehidupan kampus. Melalui pemahaman yang baik tentang peraturan yang ada di kampus, diharapkan ananda   dapat sukses menimba ilmu dan memperoleh pengalaman sebagai seorang pribadi tangguh yang memiliki pengetahuan yang cukup untuk mencapai prestasi yang cemerlang serta berakhlak mulya.

Akhir kata, sebagai Dekan FEB UNIDHA, sekali lagi saya ucapkan selamat dating dan selamat bergabung dengan keluarga besar Universitas Dharma Andalas, terutama keluarga kita di Fakultas ekonomi dan bisnis.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja untuk terselenggarnya acara penyambutan mahasiswa baru, keluarga baru kita di FEB UNIDHA. Hanya kepadaNya kita menyembah dan kepadaNya kita minta pertolongan. Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan menjadi amal sholeh yang diridhoi oleh Allah SWT dan kita semua selalu dituntun untuk menempuh jalan yang benar. Aamin Ya Rabbal Alamiin.

Padang, 2 Oktober 2020

Share this :

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top