Kab. Solok Gelar FGD Kepariwisataan, Dosen Unidha ikut jadi Panelis

Kab. Solok Gelar FGD Kepariwisataan, Dosen Unidha ikut jadi Panelis

Detail
Ibu Eka Mariyanti, SE, MM
source: Sofyan Hospitality’s Analysis from Several Sources

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok adakan Focus Group Discussion (FGD) Kepariwisataan Kab. Solok dengan tema “Penguatan Kelembagaan Pariwisata Daerah untuk Mendukung Program Pariwisata Halal Kab. Solok”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengelola destinasi wisata di Kabupaten Solok yang dilaksanakan selama dua hari yaitu 26-27 Oktober 2020 di Emersia Hotel & Resort Batusangkar.

Hari Pertama yakni tanggal 26 Oktober 2020 merupakan pembukaan kegiatan secara resmi oleh Bupati Kab. Solok Bapak H. Gusmal SE, MM. Hari kedua yakni tanggal 27 Oktober 2020 merupakan FGD dengan dua narasumber handal di bidangnya yaitu Ibu Eka Mariyanti, SE, MM merupakan Tim Ahli Bidang Pariwisata Halal pada Pusat Kajian Pariwisata (TDC) Unand dan juga Dosen S1 manajemen Universitas Dharma Andalas dengan tema ‘Pariwisata Halal’ dan juga Bapak Muh. Zuhrizul Chaniago selaku penggiat dan praktisi serta owner Lawang Park.

Menurut Ibu Eka, Halal tourism merupakan sub kategori dari wisata religi dengan kegiatan kepariwisataan yang ditujukan kepada penyediaan pelayanan pariwisata untuk keperluan wisatawan muslim (moslem families) yang diatur dengan nilai-nilai Islami (Carboni, Perelli, & Sistu, 2016). Konsep pariwisata halal meliputi empat komponen penting, yaitu (1) tersedianya makanan dan minuman yang halal, (2) tersedia fasilitas yang layak dan nyaman untuk bersuci dengan air, (3) tersedia fasilitas yang memudahkan untuk beribadah, dan (4) produk dan jasa pelayanan pada usaha-usaha beserta objek-objek wisata kondusif terhadap ‘gaya hidup halal’.

Share this :

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top